Minggu, 17 April 2011

TUGAS 3

1.  jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan :
    a.  pertumbuhan  kesenjangan
     b. kemiskinan


   jawab :


a. pertumbuhan kesenjangan adalah pertumbuhan yang terjadi akibat dari ketimpangan pendistribusian pendapatan antara masyarakat berpendapatan tinnggi dan masyarakat berpendapatan rendah.

b. kemiskinan adalah ketidak mampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup yang bersipat dasar seperti makan, minum pendidikan, kesehatan dll.


2. sebutkan dan jelaskan faktor-faktor kemiskinan. (min 5).
     jawab :
     1.penyebab individual yaitu melihat kemiskinan akibat dari perilaku dan pola tionggkah laku dari simiskin tersebut.
     2. penyebab keluarga yaitu akibat dari pendidikan yang diberikan oleh keluarga.
     3. penyabab sub-budaya yaitu menghubungkan kemiskinan dari kehidupan sehari-hari dijalani, atau dipelajari dari lingkungan sekitar.
    4. penyebab agensi, yaitu melihat kemiskinan akibat dari oarang lain seperti pemerintah, ekonomi,  dan perang.
    5. penyebab struktural, yaitu menjelaskan bahwa kemiskinan merupakan hasil dari sebuas struktur sosial.



 3. sebutkan dan jelaskan program pemerintah saat ini untuk menanggulangi kemiskinan di indonesia (min 5)!
    jawab :
  1.        menjaga stabilitas harga bahan baku pokok. fokus ini bertujuan untuk menjamin daya beli masyarakat miskin, untuk memenuhi kebutuhan utama seperi membeli beras.
  2. mendorong pertumbuhan yang berfihak pada masyarakat miskin.fokus ini bertujuan untuk terciptanya dan terfasilitasiny kesempatan untuk berusaha pada masyarakat miskin, diantanranya dengan program penyadiaan dana bergukir untuk kegiatan produktif skala uasa mikro dengan pola bagi hasil/ syariah dan konvensional.
  3.  menyempurnakan dan memperluas cakupan program pembangunan berbasis masyarakat. program ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan optimalisasi pemberdsayaan masyarakat di kawasan pedesaan dan perkotaan, serta memperkuat penyediaan dukungan pengembangan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin.
  4.  meningkatkan akses masyarakat miskin pada pelayanan dasar, fokus ini bertujuan untuk meninggkatkan akses masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan prasarana dasar lainya.
  5. potret pembiayaan terhadap sektor UKM, fokus ini merupakan perhatian pemerintah terhadap kesejahtarahan rakyat, yang ditandai dengan besrnya porsi pwenyaluran kredit terhadap sektor UKM.


sumber data:
buku pengantar teori ekonomi makro.
www.wikipedia.co.id
http://marx83.wordpress.com/2008/07/05/upaya-penanggulangan-kemiskinan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar